Sinopsis The Crowned Clown Episode 14


Flashback.
Sebelum memberikan kejutan kedatangan tuan Yoo, Ha Sun juga ingin melakukan sesuatu menyenangkan bersama dengan ratu. Rupanya Ha Sun mengajak ratu pergi ke pantai untuk menghibur hati ratu yang masih sedih. Ratu tersenyum dan bilang dia merasa bersalah karena terlalu larut dengan kesedihan sampai dia lupa bahwa dia memiliki seseorang yang peduli padanya melebihi dirinya sendiri.
Ha Sun tersenyum. Mereka saling berpegangan tangan menikmati pemandangan pantai yang indah. Ha Sun juga mengajak ratu untuk bersama mulai sekarang, menikmati musim semi, bermain hujan di musim panas, dan memunguti hazel saat musim gugur.
thecrownedclown
thecrownedclown
Merekapun pulang melewati sebuah jembatan dengan dua pohon berbeda yang saling terikat. Ha Sun bilang meskipun akar mereka berbeda tapi mereka ditakdirkan untuk bersama. Ha Sun bercerita bahwa ada legenda yang bilang sepasang kekasih yang jalan di bawah pohon itu akan bersama selamanya. Seperti legenda itu, mereka saling mengikat janji untuk bersama selamanya baik dalam sedih maupun senang.
Flashback berakhir.
Ha Sun dan ratu pulang dengan hati yang bahagia. Setibanya di istana, hati mereka hancur bahkan lebih hancur dari sebelumnya begitu mendengar tuan Yoo ditemukan meninggal dunia. Ratu begitu syok dan lemas terlebih tau ayahnya meninggal karena dibunuh. Ha Sun memeluk memenangkannya, tapi ratu berteriak, meraung memanggil ayahnya.
Di lain sisi, ibu suri tampak sangat senang dengan hasil kerja Jinpyung. Ibu suri tidak sabar ingin melihat bagaimana wajah raja dan ratu saat ini. Tapi jinpyung mencegahnya karena raja bisa curiga jika ibu suri melakukan itu. Ibu suri mengurungkan niatnya dan bilang bahwa pembunuhan ini sudah direncanakan saat ayahnya dan putranya dibunuh. Ibu suri puas, ini adalah sesuatu yang memang harus mereka terima.
Tuan Lee dan Ha Sun tampak membicarakan kematian tuan Yoo. Mereka berpikir itu adalah ulah ibu Suri dan Jinpyung, tapi mereka tidak boleh menuduh tanpa ada bukti. Ha sun lalu memerintahkan Mo Young untuk memeriksa kediaman Jinpyung, mencari tau apakah disana ditemukan anak panah yang sama dengan anak panah yang pernah menyerangnya dan juga ratu. Tuan Lee mencegahnya karena itu hanya akan membuat jinpyung merasa dicurigai. 
thecrownedclown
thecrownedclown
Tapi Ha Sun bilang mereka tetap akan melakukannya sekarang karena tidak mau kehilangan bukti. Lantas, Mo Young pun segera ke kediaman Jin Pyung bersama beberapa pengawal. Tuan Lee mengikutinya sebentar. Di luar, tuan Lee bilang agar Mo Young memberikan anak yang ada padanya jika dia tidak menemukan bukti dirumah jinpyung. (mungkin itu adalah anak panah yang digunakan Jinpyung saat mencoba membunuh Ha Sun ketika perburuan). Mo Young mengerti dan langsung pergi ke rumah Jin pyung. Mereka menemukan dua anak panah tapi tidak anak panah itu tidak sama dengan yang mereka cari.
Di lain sisi, pengawal dari biro kehakiman datang hendak menangkap Jinpyung. Tapi Jinpyung mengambil pedang salah seorang pengawal dan menjadikannya tawanan. Lalu beberapa saat kemudian pengawal Jinpyung datang dan merekapun langsung menyerang pengawal dari biro kehakiman. Jin Pyung melepas tahanan dan berlari dari sana.
Di markasnya, Jinpyung geram mendengar kabar dari anak buahnya bahwa raja telah menemukan anak panah yang digunakan untuk menyerang raja di kediamannya. Jinpyung berpikir raja telah sengaja memasang perangkap untuknya karena dia sendiri merasa tidak pernah menyimpan anak panah itu di rumahnya.
thecrownedclown
thecrownedclown
Besoknya, Ha Sun pergi ke penjara karena tuan Shin ingin membicarakan soal Jinpyung padanya. Setibanya disana, bukannya membicarakan Jinpyung, tuan Shin justru membicarakan soal Ha Sun dan tuan Lee. Menurutnya, Ha Sun hanya menjadi boneka tuan Lee yang suatu saat juga bisa dibunuh seperti halnya raja yang asli. Tuan shin bilang bahwa dia berpikir raja Lee Hun tidak mati begitu saja, melainkan dibunuh sendiri oleh tuan Lee. Tuan Shin menawarkan, jika Ha Sun memang ingin menjadi boneka maka dia sendiri juga bisa menjadikan Ha Sun boneka menggantikan tuan Lee dengan imbalan kekayaan yang melimpah. Ha Sun geram dan tidak habis pikir beraninya tuan Shin mempermainkannya untuk melawan tuan Lee sementara kematiannya akan segera datang. Ha Sun langsung pergi dari sana.
thecrownedclown
thecrownedclown
Meskipun tidak terima dengan apa yang tuan Shin katakan, tapi Ha Sun tetap kepikiran dengan ucapan tuan Shin yang bilang tuan Lee lah yang sudah membunuh raja dan bukan tidak mungkin dia juga akan berakhir seperti raja Lee Hun.
Di lain sisi, tuan Lee mendatangi ibu suri dan menudingnya telah melakukan rencana pembunuhan terhadap raja dan juga membunuh tuan Yoo bersama dengan Jin Pyung. Ibu suri terlihat tenang dan mengingatkan soal raja yang telah membunuh adik dan ayahnya sendiri. Mendengar itu, tuan Lee lantas teringat bahwa peringatakan kematian pangeran Gyeong In akan segera datang.
Ibu Suri kaget dan bertanya bagaimana tuan Lee bisa tau. Tuan Lee bilang bahwa dia tidak akan lupa karena malam itu dia melihat  pangeran memakan makan malam terakhirnya. Nasi dengan biji-bijian dan beberapa jenis sayuran, makanan yang kurang pantas tapi dia menikmatinya tanpa tau itu adalah makanan terakhirnya di dunia.
Ibu Suri histeris, dia langsung melempar gelas teh hingga pecah berkeping-keping. “itu kamu. Kamu yang sudah membunuh putraku!” teriak ibu suri frustasi. Amarahnya naik hingga ke ubun-ubun.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Lee terang-terangan membenarkan dialah yang sudah melakukan itu demi raja. “Setelah muntah darah,dengan nafas terakhirnya, dia memanggil ibunya.” Ucap tuan Lee.
Ibu suri semakin marah dan berjanji akan membunuh tuan Lee sebelum dia membunuh raja. Tuan Lee menantang balik dengan pertanyaan apakah itu juga alasan kenapa ibu suri menyuruh Jinpyung membunuh raja juga tuan Yoo.
Ibu suri berteriak frustasi, “Iya!!! Aku memerintahkan Jinpyung untuk membunuh raja dan ratu begitu juga ayahnya. Apa salahnya? Aku hanya menghukum orang yang sudah membunuh putraku. Apakah yang kulakukan salah?”
Tuan Lee tersenyum puas. Lalu Ha Sun masuk dan bilang bahwa dia akan mencopot jabatan ibu Suri karena dia sudah mendengar ibu suri mengungkap sendiri kejahatannya. Kemarahan ibu suri semakin diujung setelah tau tuan Lee memancingnya untuk mengaku. Ibu Suri mengamuk , menangis, dan berteriak seorang diri. Dia bersumpah atas makam putranya akan mencabik-cabik mereka dan membiarkan gagak menghabiskannya sampai hilang tanpa jejak. Sungguh, ibu suri ingin melihat jiwa mereka terbakar api dan menderita selamanya.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Lee dan Ha Sun hanya diam dan pergi meninggalkan ibu Suri yang terus mengamuk dan berteriak seperti orang kesurupan. Di balai pertemuan, Ha Sun bertanya pada tuan Lee, jika tuan Lee membunuh pangeran Gyeong In demi raja Lee Hun, lalu apakah tuan Lee membunuh raja Lee Hun demi dirinya?
Tuan Lee sedikit kaget. Ha Sun bilang tuan Shin lah yang sudah memberitahunya. Tuan Lee membenarkan bahwa dialah yang sudah membunuh raja. Karena ibu Suri sudah tau kalau dia yang membunuh Gyeong In, dan juga tuan Shin yang tau dialah yang membunuh raja Lee Hun, maka tuan Lee berpikir untuk mengundurkan diri dari jabatannya agar tidak menghalangi Ha Sun dalam mencapai mimpi mereka. Tuan Lee ingin menebus dosanya dengan cara ini.
Ha Sun protes dan tidak ingin tuan Lee mengundurkan diri. Ha Sun tidak membiarkan tuan Lee menanggung dosa sendirian. Dan kenyataan bahwa tuan Lee juga sudah banyak membantunya. Seperti sikap gegabah mencari mata panah di rumah Jipyung kemaren misalnya. Mereka sebenarnya tidak menemukannya, tapi tuan Lee menyuruh Mo Young untuk bilang menemukannya dengan menggunakan anak panah yang dia miliki. Dengan kata lain, mereka harus berjuang melindungi bangsa dan rakyat bersama-sama.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Lee tertegun dan sangat terharu. Dia pikir Ha Sun akan takut dan tidak mempercayainya, tapi nyatanya Ha Sun masih mempercayainya meski dia sudah tau perbuatan yang dia lakukan. Inilah yang tuan Lee sukai dari Ha Sun. Awalnya tuan Lee memang sedikit ragu apakah Ha Sun akan terlena dengan jabatannya layaknya Lee Hun, tapi sekarang dia sepenuhnya yakin bahwa Ha Sun adalah orang yang berbeda. Ha Sun adalah orang yang benar-benar tepat menduduki tahta raja. Dia memiliki ketulusan dan juga hati yang begitu baik dan bijaksana.
Tuan Lee lalu berlutut dan dengan air mata yang berkaca-kaca dia bilang akan selalu setia dan melayani Ha Sun sebagai seorang raja sesungguhnya. Setelah itu dia bersujud memberi hormat. Tanpa tuan Lee sadari, Ha Sun juga bersujud memberi hormat pada tuan Lee. Ha Sun berdiri sebelum tuan Lee berdiri sehingga tuan Lee tidak tau kalau Ha Sun juga bersujud untuk menghormatinya.
thecrownedclown
thecrownedclown
Hari ini, Ha Sun resmi memutuskan pencopotan jabatan ibu Suri meskipun beresiko timbulnya pemberontak dari kalangan sarjana dan pengikut ibu Suri. Ratu Yoo yang mendengarnya langsung panik. Dia berpikir untuk menghentikannya karena jika ibu suri pergi dari istana itu justru akan menimbulkan ancaman besar bagi raja. Ratu Yoo lalu pergi ke kediaman ibu Suri untuk bilang agar ibu Suri mengundurkan diri atas keinginan sendiri demi raja, rakyat, dan ibu Suri sendiri. Ibu suri hanya tertawa sinis dan lebih memilih dicopot secara paksa dibandingkan harus merendahkan dirinya dihadapan raja. Maka, besoknya Ibu Suri pergi meninggalkan istana. Para pengikutnya tampak berlutut memohon agar ibu Suri tidak pergi.
Sementara itu, di ruangan raja. Tuan Lee dengan memanggil sebutan “Yang Mulia” mengatakan bahwa dia akan mengundurkan diri menjadi sekretaris kerajaan karena Ibu suri sudah pergi dari istana. Dia ingin membantu di perbatasan karena disana kondisinya tengah kacau.  Mo Young dan Kasim Jo tertegun mendengar tuan Lee begitu sopan memanggil Ha Sun dengan sebutan “Yang Mulia” padahal sebelum-sebelumnya tuan Lee tidak pernah sebegitu sopannya.
thecrownedclown
thecrownedclown
Ha Sun tidak mau kehilangan tuan Lee tapi dia juga tidak bisa berbuat apa-apa karena di perbatasan juga sangat membutuhkan tuan Lee karena sebentar lagi akan terjadi perang antara Ming dan Aisin Gioro.
Tuan Lee tampaknya juga sedih dengan perpisahan ini. Dia pergi ke kediaman Woon Shim untuk minum. Tuan Lee curhat bahwa dia melakukan banyak kesalahan di masa lalu, sehingga dia tidak ingin mengulang kesalahan itu lagi sekarang. Satu hal yang dia sesali adalah saat dimana Woon Shim mengajaknya untuk menghabiskan malam bersama dan menata rambutnya.  Tapi dia menolak permintaan Woon Shim saat itu. Sejak saat itulah dia menyesal tidak pergi bersama Woon Shim. Dan sejak saat itu jugalah dia selalu bertanya pada dirinya sendiri apakah masih ada kesempatan untuk mereka bersama. Tuan Lee lalu bertanya, “Jika aku memintamu pergi bersamaku ke perbatasan, apakah kamu mau?"
Tuan Lee yang mulai mabuk ambruk di pangkuan Woon Shim. Woon Shim terlihat terharu sekaligus bahagia mendengarnya sampai sampai dia meneteskan air mata. Meskipun tuan Lee mengatakannya saat dia mabuk, tapi dia tahu betul dia mengatakannya dengan begitu tulus seakan dia ingin mengatakannya sejak lama.
thecrownedclown
thecrownedclown
Malam ini, Jinpyung tengah bersiap-siap dengan pasukannya untuk menyerang istana Joseon. Dia juga menunggu untuk tentara Ming bergabung dengannya lantaran dia hendak memberikan surat dari istanan untuk Nurhachi yang bisa dijadikan sebagai bukti bahwa Joseon telah berkhianat pada Ming.
Di lain sisi, tuan Lee juga panik mendengar kabar dari pedagang Juncheon bahwa surat yang dia titipkan untuk jenderal Nurhachi telah dicuri. Tuan Lee bertanya siapa yang mencurinya. Pedang itu tidak begitu melihat dengan jelas, tapi dia sempat mendengar mereka menyebut dewan penasehat bagian kiri. Tuan Lee syok karena itu adalah perbuatan tuan Shin. Isi suratnya adalah dimana Joseon tidak akan membantu Ming dan juga tidak akan menyerang Aisin Gioro sekalipun ada perang.
Tuan Lee takut surat itu akan dijadikan sebagai bukti bahwa Joseon berkhianat pada Ming karena sebelumnya mereka berjanji akan mengirim tentara dalam waktu 1 tahun. Tuan Lee langsung menemui tuan Shin di penjara, tapi tuan Shin menolak memberikan surat itu bahkan jika dia dibunuh sekalipun. Tuan Lee begitu emosi tapi tiba-tiba beberapa orang dengan pakaian hitam datang dan mengarahkan pedang ke lehernya. Rupanya penjara telah di bobol oleh Jinpyung.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Shin mengambil sebuah pedang dan mengacungkannya ke leher tuan Lee yang kini dalam posisi berlutut. Kekacauan juga terjadi diistana dimana para prajurit menyerang dan menerobos gerbang kota. Kasim Jo dengan panik langsung menemui Ha Sun di perpustakaan tengah bersama ratu Yoo dan bilang tengah terjadi pemberontakan besar di istana. Ha Sun dan ratu Yoo membelalakkan mata kaget.

Bersambung ke Sinopsis The Crowned Clown Episode 15




loading...