Sinopsis The Crowned Clown Episode 13


Tuan Shin tertawa puas. Akhirnya dia membongkar penyamaran si badut. Selama ini dia mencarinya kemana-mana, ternyata rupanya di menyamar sebagai raja dia istana. Lalu tuan Shin bertanya dimana Lee Hun, raja asli. Ha Sun dengan geram bilang dia akan kembali secepat kilat atau lama seperti matahari terbit. Ini jawaban yang dulu pernah dikatakan tuan Lee ketika Ha Sun bertanya pertanyaan yang sama.
Tuan Shin tidak peduli kapan raja kembali, yang terpenting dia akan memastikan raja akan lengser dari jabatannya begitu dia kembali ke istana. Tuan Shin lalu memerintahkan Ha Sun sendiri yang melakukan introgasi penjahat dan menetapkan tuan Lee sebagai penjahat jika dia tidak mau Dal Rae kenapa-napa. Ha Sun dengan berat hati menyanggupi permintaan tuan Shin. Tidak berakhir di sana, tuan Shin lalu menyuruh Ha Sun berlutut di hadapannya. Ha Sun terpaksa berlutut di kaki tuan Shin dengan amarah dan dendam di hatinya.
thecrownedclown
thecrownedclown
Hari introgasipun tiba. Ha Sun dengan berat hati meminta tuan Lee ke depan saat hakim bertanya siapa yang akan diintrogasi. Tuan Shin terlihat puas. Ha Sun meminta tuan Shin meminta saksi masuk. Lantas, Dal Rae pun di bawa masuk dan dia langsung kaget melihat raja yang wajahnya sangat mirip dengan kakaknya.
“Dengarkan aku sekretaris Lee.” Ucap Ha Sun lirih. Kemudian suaranya meninggi “aku akan menginterogasi Shin Ci Soo. Tangkap penjahatnya sekarang!!”
Tuan Shin sangat kaget karena ini di luar kesepakatannya dengan Ha Sun. Lantas, Tuan Shin memberontak dan menunjuk Ha sun, “Sesungguhnya tikus itulah penjahatnya” teriaknya dengan lantang hingga membuat orang kaget.
Ha Sun turun dari singgasana menghampiri tuan Shin. Ha Sun berbisik mengancam tidak akan mengampuni tuan Shin jika dia berani menyentuh adiknya lagi. Tuan Shin bertambah geram dan berteriak “Beraninya seorang badut rendahan sepertimu membodohiku!”
thecrownedclown
thecrownedclown
Ha Sun lalu mengambil salah satu pedang pengawal dan mengarahkannya ke leher tuan Shin. Tuan Shin tidak berhenti. Dia meminta semua orang untuk tidak percaya dengan badut ini karena dia hanyalah badut rendahan yang memiliki wajah mirip raja. Lantas, tuan Shin meminta Dal Rae menjadi saksi bahwa raja itu adalah kakaknya, seorang badut.
Dal Rae saling bertatapan dengan Ha Sun. Dengan lirih Dal Rae bilang bahwa kakaknya sudah lama meninggal. Padahal sebenarnya Dal Rae yakin betul bahwa raja itu benar-benar kakaknya karena dia sempat dengar raja mengatakan kata-kata yang dulu juga sering dia dengar dikatakan kakaknya.
Tuan Shin panik dan bertanya apakah Dal Rae tidak takut langit akan mengutuknya karena memberikan kesaksian palsu?
Dal Rae bilang dia mengatakannya dengan jujur, mana mungkin dia berani berbohong di hadapan raja?
thecrownedclown
thecrownedclown
Sebelum tuan Shin tambah menginterogasi Dal Rae, tuan Lee lantas menyuruh pengawal membawa Dal Rae pergi dengan alasan bahwa tidak pantas seorang gadis malang diperlakukan seperti penjahat.
Kemarahan tuan Shin sampai ke ubun-ubunya. Dia merasa dipermainkan. Dia lantas meminta Jin Pyung membelanya, tapi Jin Pyung tidak mau karena tidak berani. Bahkan, pejabat yang selama ini berada di pihaknya pun kini terang-terangan menyebut tuan Shin seorang penghianat. Tuan Shin terus mengoceh dan berteriak bahwa raja yang di hadapan mereka itu adalah badut. Ha Sun tidak tahan lagi, dia lalu memerintahkan pengawal mengikat tuan Shin di kursi dan mengganjal mulutnya agar tidak banyak bicara.
thecrownedclown
thecrownedclown
Mo Young datang dengan membawa dayang Kim yang terlihat lusuh karena di sekap tuan Shin. Mo Young melaporkan bahwa dayang Kim adalah saksi yang bisa mengungkap semua kejahatan dan pengkhianatan tuan Shin. Dayang Kim lalu bersaksi dan membongkar kejahatan tuan Shin, mulai dari menyuruhnya memeriksa luka di dada raja, membunuh pelukis, menyebar poster,dan juga jimat di kediaman selir hwa Dang.
Mendengar itu, para pejabat semakin yakin bahwa tan Shin benar-benar pengkhianatnya. Tuan Shin lalu di siksa sampai dia mau mengaku, tapi sampai mulutnya banyak mengeluarkan darahpun, tuan Shin tetap tidak mau mengaku dan bahkan meludah di hadapan mereka.
Ha Sun kemudian bertanya pada hakim apa hukuman yang pantas untuk tuan Shin. Hakim bilang bahwa pengkhianatan tuan Shin begitu berat hingga mereka berpikir di penggal adalah hukuman paling pantas. Ha Sun langsung menyutujui hukuman penggal untuk tuan Shin.
Hwa Dang meminta bertemu dengan tuan Shin yang merupakan pamannya barang sebentar. Hwa Dang sedikit kecewa karena ternyata pamannya pernah memasang racun untuk nya meskipun racun itu tidak ditujukan langsung padanya. Tuan Shin dengan mulut yang penuh darah meminta Hwa Dang mendekat. Tuan Shin lalu berbisik kalau dia memiliki sebuah tanaman pot di kamarnya yang dia sayangi. Tuan Shin meminta Hwa Dang bergegas mengambil isi nya dan menyimpannya dengan baik jika Hwa Dang masih ingin hidup. Lalu, para pengawal memapah tuan Shin pergi.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Lee memanggil Woon Shim ke istana untuk menemui dan menjaga Dal Rae. Dia sedikit kaget melihat Dal Rae berada di istana tapi dia bahagia Dal Rae baik-baik saja. Woon Shim lalu memberikan titipan Ha Sun untuk Dal Rae berupa kacang hazel. Dal Rae sangat senang menerima hadiah itu dari kakaknya.
Ha Sun lega mendengar dari tuan Lee bahwa ada Woon Shin yang saat ini menjaga Dal Rae.Tuan Lee lalu membahas soal Ha Sun yang hampir saja menggalkan semua rencana mereka lantaran mengungkapkan jati dirinya pada tuan Shin. Ha Sun bilang dia terpaksa melakukan itu karena tidak ingin adiknya kenapa-napa.
Tuan Lee terdiam sebentar. “Lalu, bagaimana dengan Gab Soo?”
Gab Soo diintrogasi dimana Yi Kyeom berdiri disampingnya sebagai korban. Gab Soo bilang bahwa ada gadis yang dia urus seperti putrinya sendiri, tapi Yi Kyeom telah melakukan hal keji padanya, jadi dia tidak menyesal telah menyerang Yi Kyeom, bahkan kalau bisa dia ingin menghancurkan kepalanya. Gab Soo bilang dia bersedia menerima hukuman apapun itu.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Lee bilang hukuman bagi orang dari kasta rendah menyerang bangsawan, maka hukumannya adalah cambuk sebanyak 80 kali. Ha Sun kemudian memberi perintah untuk memberi hukuman berupa menugaskan Gab Soo di angkatan laut bagian selatan sebagai ganti hukuman cambuk. Gab Soo kaget mendengarnya, dia lalu mendongakkan kepala untuk melihat raja. Alangkah kagetnya Gab Soo begitu melihat raja.
Sementara Yi Kyeom sendiri dihukum karena sudah melecehkan seorang gadis. Dia diberi hukuman dengan dicap wajahnya dengan cap kejahatan sehingga dia akan mengingat seumur hidupnya. Pengawal pun mencap wajah Yi Kyeom dengan besi panas hingga Yi Kyeom berteriak kesakitan. Akhirnya dendam Ha Sun atas adiknya sedikit terpenuhi.
Setelah interogasi berakhir, Ha Sun menemui Gab Soo di sebuah ruangan. Gab Soo dengan cepat berlutut memberi hormat, tapi Ha Sun menariknya untuk berdiri. Ha Sun dengan jujur mengatakan identitasnya. Gab Soo memperlihatkan tampang tak percaya dengan Ha Sun yang memakai pakaian kebesaran raja, tapi dia begitu senang mendengarnya. Ha Sun memberitahu Gab Soo bahwa dia akan bertugas di angkatan laut Muen Hyoen, tempat dimana Ha Sun dan Dal Rae menghabiskan waktu saat masih kecil. Gab Soo mengerti dan senang dengan keputusan itu dan juga fakta bahwa raja di depannya adalah Ha Sun. Dia bahkan memeluk Ha Sun dengan penuh haru.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Lee pergi ke kediaman Woon Shim untuk sekedar minum teh dan berbincang. Woon Shim bertanya apakah ada sesuatu terjadi di istana sehingga tuan Lee terlihat sedikit muram. Tuan Lee bilang setiap hari terjadi sesuatu di istana. Woon Shim lantas bertanya apakah Ha Sun tidak melakukan tugasnya dengan baik sebagai raja? Tuan Lee tertegun dan bertanya apakah Dal Rae yang memberitahunya. Woon Shim menyangkal. Woon Shim bercerita dia dan tuan Lee sudah bersama selama 10 tahun, jadi dia sudah mengerti. Tuan Lee meminta maaf. Won Shim bilang tuan Lee tidak perlu meminta maaf karena dia tidak pernah berharap tuan Lee membagi semuanya dengannya. Harapannya hanya satu, agar tuan Lee tidak menjauhinya karena dia selalu ingin bersama dengan Tuan Lee, kapanpun baik ketika bahagia maupun sedih. Tuan Lee tersenyum tipis mendengarnya lalu memintanya menuangkan minuman.
thecrownedclown
thecrownedclown
Yi Kyeom di kurung di samping kurungan ayahnya. Lalu dua orang pengawal membawanya pergi. Tuan Shin bertanya kemana anaknya akan dibawa. Pengawal itu bilang Yi Kyeom akan dipindahkan ke pengasingan bagian utara. Sebelum pergi, Yi Kyeom berlutut sambil menangis di hadapan ayahnya. Tuan Shin juga tampak begitu sedih melihat kondisi mereka seperti ini.  Setelah Yi Kyeom di bawa, tuan Shin lantas meminta bantuan pengawal untuk memanggil Jin Pyung. Rupanya tuan Shin memiliki rencana baru untuk menurunkan tahta raja sehingga dia ingin kerjasama dari Jin Pyung.
Dal Rae begitu sedih harus berpisah lagi dengan kakaknya. Dal Rae mencoba mengajak Ha Sun untuk ikut bersamanya karena dia takut Ha Sun akhirnya mati jika terus berpura-pura menjadi raja. Ha Sun memeluknya dan bilang dia tidak bisa ikut dengan Dal Rae karena masih banyak urusan yang harus dia tuntaskan. Ha Sun berjanji akan segera menyusul Dal Rae nantinya. 
thecrownedclown
thecrownedclown
Akhirnya Dal Rae pergi bersama Gab Soo dari istana. Dal Rae sedih, tapi dia berusaha tersenyum agar Ha Sun tidak mencemaskannya. Ha Sun menatapnya dari kejauhan dengan air mata yang berlinangan.
Ketika Ha Sun masuk ke ruangannya, sudah ada ratu Yoo yang menunggunya disana. Ratu Yoo ikut memeluk Ha Sun yang terlihat masih sedih melepas kepergian adiknya dan Gab Soo. Ratu bilang bahwa dia mengerti apa yang saat ini dirasakan Ha Sun. Orang yang harus pergi, maupun yang harus tinggal keduanya akan merasakan sakit yang sama. Ratu lalu mengajak Ha Sun mengunjungi Dal Rae dan Gab Soo ketika musim semi tiba. Ha Sun mengangguk dan tersenyum tenang.
Pagi ini, atas saran dari Ae Yeong, ratu Yoo memanggil seorang tabib ke istana untuk membantu ratu memiliki anak nantinya. Tabib itu memberikan ramuan herbal untuk ratu. Si tertarik dengan teh yang disajikan untuk ratu dan ingin memeriksa teh bunga keringnya. Ae Yeong bilang itu tidak perlu diperiksa karena itu dari klinik istana. Tapi tabib itu tampak tetap ingin melihatnya hingga ratu memberikan izin padanya untuk memeriksa bunga kering itu.
thecrownedclown
thecrownedclown
Tuan Shin ditetapkan mendapat hukuman penggal, sementara dayang Kim diberi hukuman cambuk sebanyak 40 kali lalu dikirim ke perbatasan sebagai budak. Setelah itu, Tuan Lee membahas mengenai tuduhan pada tuan Yoo Hoo Jon (ayah ratu Yoo). Menurutnya itu adalah tuduhan palsu. Jinpyung protes karena tuan Yoo sudah dinyatakan salah sebelumnya. Lalu, anggota rapat mendiskusikan masalah itu.
Ratu senang mendengar raja tengah mendiskusikan tuduhan palsu ayahnya. Dia hendak menemui Ha Sun, tapi tidak jadi karena tabib wanita itu datang. Tabib wanita itu memberitahu bahwa teh bunga yang biasa diminum ratu bisa menyebabkan kemandulan. Ratu Yoo sangat terkejut mendengar. Dia tidak habis pikir kenapa tabib istana memberikan ramuan itu padanya. Ratu semakin syok mendengar dari si tabib wanita bahwa ramuan itu sangat aktif membuat mandul bahkan hanya diminum selama satu bulan saja, sementara ratu telah meminumnya selama tiga bulan. Itu artinya ratu mungkin sudah mandul.
thecrownedclown
thecrownedclown
Ratu lemas, tapi dia meminta tabib wanita dan Ae Yeong untuk merahasiakan saja karena dia tidak mau membuat kekecauan di istana. Di lain sisi, Jinpyung yang kesal dengan tuan Lee mencoba mencari kelemahannya berupa bukti pemberontakan di rumah tuan Shin. Tapi dia tidak menemukan apapun karena rupanya surat bukti itu ada di tangan Hwa Dang. (ingat ketika tuan Shin di siksa dia meminta Hwa Dang mengambil benda penting di pot bunganya. Rupanya itu adalah sebuah surat yang diberikan tuan Lee pada jenderal Nurhachi dimana surat itu bisa dijadikan tuan Shin untuk mengadu domba Joseon dan Ming.)
Ha Sun hendak mengagetkan ratu Yoo yang tengah melamun di perpustakan. Tapi dia gagal karena ratu terlebih dahulu memergokinya. Ha Sun lalu bilang  kabar gembira mengenai Tuan Yoo yang segera dibebaskan. Ratu yang tadinya tampak muram kini langsung kegirangan bahagia mendengarnya. Ha Sun ikut senang tapi dia berpikir ada yang tidak beres dengan ratu. Ha Sun pun menemui Ae Yeong untuk menanyakan hal ini. Ae Yeong berlutut meminta pengampunan lalu bilang sebenarnya mengenai ratu yang bisa mandul karena minum ramuan teh bunga dari tabib istana itu.
thecrownedclown
thecrownedclown
Ha Sun kembali menemui ratu di perpustakaan dan mendapatinya tengah menangis. Ha Sun segera memeluknya dan berjanji akan menemukan siapa orangnya dan membuatnya membayar apa yang kini dialami ratu. Akhirnya, Ha Sun menemui tabib istana setelah tau bahwa dialah yang memberikan ramuan itu. Dengan geram Ha Sun bertanya siapa yang menyuruhnya melakukan hal itu.
Tabib istana berlutut dan bilang bahwa ibu Surilah yang menyuruhnya melakukan itu. Dengan kemarahan yang memuncak, Ha Sun langsung menerobos kediaman ibu suri dan melemparkan kotak berisi teh bunga. Tapi ibu suri terlihat tenang dan tidak merasa bersalah telah melakukan itu. Ibu suri mengatakan bahwa inilah yang juga dilakukan istana pada ayah dan anaknya pangeran Gyeong In. Jika raja menyuruhnya berhenti, lalu apakah raja bisa bertobat?
thecrownedclown
thecrownedclown
Ibu Suri balik menantang yang membuat Ha Sun semakin marah. Tapi tuan Lee datang dan langsung menenangkan Ha Sun. Dengan tampang tidak berdosa, ibu Suri meminta Ha Sun menggulingkan tahta ratu karena tidak bisa hamil. Ha Sun semakin geram dan bilang, dia justru akan menggulingkan ibu suri terlebih dahulu. Ibu Suri tersenyum lebar dan menantang, “coba saja kalau kamu bisa”.
Di ruangnya, tuan Lee bilang bahwa Ha Sun telah gegabah dengan bilang akan menggulingkan ibu Suri. Ha Sun juga paham, dia bisa melihat ibu suri yang sepertinya menunggunya mengucapkan kata-kata itu. Jika ibu Suri diturunkan dari tahtanya, maka pengikutnya akan memberontak dan menyerang istana. Dan, jika begitu bukankah raja akan dicap sebagai putra durhaka karena sudah menggulingkan jabatan ibunya sendiri. Tuan Lee meminta Ha Sun untuk tidak gegabah lagi dan menunggu sampai dia memiliki saksi dan bukti.
Besok paginya, Tuan Lee pergi ke pengasingan untuk membawa tuan Yoo pulang ke istana. Tapi setibanya disana tuan Lee jjustru mendapatkan tuan Yoo tergeletak bersimbah darah. Tuan Lee histeris dan meratapi tubuh tuan Yoo yang sudah tidak bernyawa.
thecrownedclown
thecrownedclown


Bersambung ke Sinopsis The Crowned Clown Episode14




loading...